Destinasi Wisata di Sekitar Jakarta International Stadium, Ada Ancol

Indonesia digelar di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya, Di Jakarta, turnamen Piala Dunia U-17 2023 dihelat di Jakarta International Stadium (JIS).

Stadion tersebut menjadi yang terbesar di Indonesia setelah Stadion GBK Senayan dengan kapasitas penonton mencapai 82 ribu orang. Lokasinya berada di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.

Lokasinya yang berada di ujung utara Jakarta membuat JIS dikelilingi sejumlah tempat wisata. Bagi pengunjung di sekitar Jabodetabek maupun dari luar kota bisa sekaligus liburan sebelum atau pun usai pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Art:1 New Museum

Tempat ini cocok bagi penyuka karya seni. Museum ini awalnya berupa galeri seni yang bernama Galeri Seni Mon Decor yang dibuat sejak 1983. Namun, karena membutuhkan ruang lebih besar, pada 2011 dibuat Art: 1 sebagai wadah memamerkan karya para seniman.

Art:1 New Museum dan Art Space terdiri dari tiga lantai yang berisi beragam karya seni. Lokasinya berada di Jalan Rajawali Selatan Raya Nomor 3, Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, sekitar 5,8 km dari Jakarta International Stadium.

Museum ini terdiri dari ruang koleksi karya seni bersejarah dari seniman modern dan kontemporer dari dalam dan luar negeri serta ruangan pameran komersial patung kontemporer dan lukisan. Selain itu, ada toko merchandise dan ruang terbuka untuk menikmati minuman dan makanan ringan.

Art: 1 buka setiap Selasa – Sabtu pada pukul 10.00 – 18.00 WIB, Minggu buka pukul 10.00 – 16.00 WIB dan hari Senin serta hari libur nasional tutup. Seluruh pengunjung dikenakan harga tiket masuk yang bervariasi, mulai dari Rp50.000 – Rp125.000.

Ancol

JIS berada dekat dengan wisata kawasan Ancol yang hanya berjarak sekitar 6 km atau 12 menit naik motor. Anda bisa menjumpai banyak wahana di kawasan Ancol, mulai dari pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Atlantis Water Adventure, juga Jakarta Bird Land ancolmall. Ada pula Pasar Seni Ancol yang menampilkan berbagai karya seni rupa Indonesia.

Kalau ingin menikmati pemandangan bawah laut, Anda bisa datang ke Ocean Dream Samudera. Selain atraksi lumba-lumba, ada banyak wahana menarik di sana. Ada pula Le Bridge yaitu jembatan di atas air laut. Anda bisa menyantap seafood segar di tepi pantai dengan pemandangan yang indah.

Pasar Ular

Pasar Ular Permai di Kawasan Plumpang banyak menjual pernak-pernik suvenir beraneka ragam. Namun, bukan berarti suvenir tersebut terbuat dari kulit ular. Ada yang bilang tempat ini awalnya bentuknya rawa-rawa dan banyak ular. Ada juga yang bilang dinamai Pasar Ular karena istilah barang-barang yang dijual dulu barang selundupan, jadi harus licin seperti ular.

Di Pasar Ular Plumpang, Anda bisa menjelajahi lorong pasar yang sempit dan berkelok, mirip ular. Meski begitu, lingkungannya terbilang bersih, sehingga cukup nyaman untuk berjalan-jalan.

Barang-barang yang ditawarkan kebanyakan pakaian, di antaranya celana jeans dan sepatu. Pengunjung juga akan menemukan beragam piring keramik dengan motif lukisan ala China maupun Eropa. Jaraknya dari JIS juga hanya sekitar 9 km.

Waduk Sunter Utara

Di Waduk Sunter Utara kita bisa duduk di pinggiran waduk sambil melihat kemegahan bangunan JIS. Lokasi Waduk Sunter Utara memabg hanya berseberangan dengan stadion tersebut. Bila ditempuh dengan kendaraan bermotor, jarak dari JIS ke waduk tersebut sekitar 8,4 km.

Waduk Sunter Utara dikenal juga dengan sebutan Danau Cincin. Di tempat ini, pengunjung bisa duduk-duduk nongkrong di sekitar danau, menyaksikan sunset, joging, jalan santai, hingga menikmati kuliner.

Author: dormant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *